Sate Berkah Aqiqah

Tau ngak sih masakan aqiqah boleh dibagikan ke siapa aja?

Sahabat Berkahku pasti ada banyak pertanyaan di masyarakat mengenai bolehkah kita makan daging aqiqah kita sendiri atau bolehkah ibu menyusui memakan daging aqiqah anaknya? Bolehkah anak yang diaqiqahi makan dagingnya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap membingungkan masyarakat dan mereka tidak mendapat jawaban yang pasti mengenai hal tersebut.Akibatnya banyak yang takut makan daging aqiqahnya sendiri maupun anaknya karena takut itu haram atau dilarang. Maka pada kesempatan kali ini Berkah Aqiqah akan membahas mengenai bolehkah kita makan daging aqiqah kita sendiri.

Kami akan mencoba memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Jawaban yang kami ambil berikut ini merupakan perkataan dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, seperti dilansir dari Beliau pernah diberikan pertanyaan serupa lalu berikut jawaban beliau rahimahullah,

“Disunnahkan untuk dimakan 1/3nya, dihadiahkan kepada para sahabat (teman-teman dan orangtuanya) dan disedekahkan 1/3 kepada kaum muslimin. Namun boleh juga mengundang teman-teman dan kerabat dihidangkan atau disedekahkan semuanya.” (aktsar min alf jawab lil mar'ah)

Kesimpulan

Dari jawaban di atas mengisyaratkan bahwa daging aqiqah boleh dimakan oleh yang beraqiqah atau melakukan aqiqah. Kemudian sebagian yang lain disedekahkan atau diberikan kepada saudara muslimnya yang lain. 


Cetak